Tips Mengatasi dan Penanganan Gelombang Pasang

 

Tips Mengatasi dan Penanganan Gelombang Pasang 

Tips Mengatasi dan Penanganan Gelombang Pasang

Gelombang pasang merupakan hal yang biasa terjadi pada daerah pantai. Jika hal ini terjadi, maka gelombang air laut dipastikan melebihi batas yang normal baik di daerah lautan maupun di daerah darat pada pinggiran pantai.

Gelombang ini diiringi dengan angin yang kencang atau angin topan. Biasanya, keadaan tersebut juga akan diiringi dengan perubahan cuaca yang ekstrim atau cepat. Hal tersebut tidak lain dikarenakan adanya pengaruh dari gravitasi bulan dan matahari.

Melakukan Penanganan Gelombang Pasang

Keadaan gelombang dalam kondisi tinggi tersebut memang sangat berbahaya. Terutama pada kapal-kapal yang sedang berlabuh di pinggiran pantai. Jika terjadi, maka abrasi akan terjadi atau yang lebih dikenal dengan nama pengikisan daerah pantai.

Apa yang menandakan bahwa gelombang pasang akan muncul? Ada berbagai macam hal yang menjadi tanda-tanda gelombang tinggi akan terjadi.

  1. Angin kencang
  2. Cuaca tiba-tiba berubah menjadi gelap
  3. Adanya badai di tengah laut dan membuat gelombang pasang atau gelombang yang tinggi.

Kejadian ini merupakan hal yang alami. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menangani kejadian tersebut. Berikut beberapa penanganan yang bisa dilakukan dalam menghadapi gelombang dalam kondisi yang tinggi.

  1. Tetap tenang

Jika terjadi di pinggir pantai atau di tengah laut, usahakan untuk tetap tenang.

  1. Pemecah ombak

Menggunakan infrastruktur pemecah ombak yang baik merupakan hal yang paling aman dilakukan untuk menghadapi gelombang tinggi

  1. Pengungsian

Perencanaan tindakan pengungsian untuk daerah pinggiran pantai perlu dilakukan untuk melakukan evakuasi pada penduduk sekitar pantai.

  1. Pemberitahuan kepada masyarakat

Pemerintah setempat dapat melakukan pemberitahuan secara dini kepada masyarakat. Contohnya saja melalui perkiraan cuaca lewat siaran radio

  1. Menghindari Daerah laut yang sedang gelombang tinggi

Ketika sedang melakukan pelayaran, usahakan selalu untuk menghindari daerah yang sedang pasang.

Saat pemasangan fender dermaga, gelombang pasang juga harus diperhitungkan.  Jika Anda membutuhkan rubber fender dan bollard berkualitas, diskusikan dengan kami kebutuhan Anda di WhatsApp 082245923265 Fajar Achmadi Selaku Owner Mahameru Putra Mandiri Perkasa

Blog Post

Related Post

Cari Artikel