Bollard dermaga

 


Apa itu Bollard Dermaga ?

Bollard Kapal – Pernahkah anda berkunjung ke pelabuhan? Atau pernahkah anda naik kapal laut? Kapal laut digunakan sebagai alat transportasi laut dimana tempat terminalnya (tempat berhenti kapal) dinamakan pelabuhan atau dermaga. Kapal dengan ukuran sangat besar dan berat itu butuh suatu alat atau benda yang mampu mengimbangi kapal saat kapal berlabuh di pelabuhan. Benda tersebut dinamakan bollard (untuk parkir kapal) agar tidak terseret arus.

Bollard dermaga | Mooring Bollard | Bolder Dermaga | Anchor Bolt | Tambatan tali Kapal - Merupakan sebuah alat serta accesories perlengkapan fasilitas pada seuatu dermaga dan pelabuhan yang memiliki fungsi sebagai penambatan tali kapal saat kapal berlabuh dan melakukan aktifitas bongkar muat,pengisian BBM, Perbaikan Kapal serta menjaga kapal agar tidak terbawa gelombang dan arus laut.

Bollard dermaga adalah sebuah fasilitas suatu pelabuhan dan dermaga yang berfungsi sebagai tambatan tali kapal saat kapal sedang berlabuh di dermaga. Bollard dermaga ini juga biasa disebut dengan bolder (bolder kapal). Bollard dermaga atau bolder kapal terbuat dari bahan besi cor (cast iron) yang berkulitas serta memiliki ketahanan yang bagus. Oleh karena itu, tipe besi yang digunakan sangat keras mengingatobyek yang ditambatkan adalah sebuah kapal yang besar serta berat. Bolder dermaga ini umumnya dipasang di setiap sisi dermaga agar memudahkan dalam menambat kapal. Kegunaan lainnya adalah untuk melindungi kapal dari gelombang laut, terpaan angin laut yang kencang serta ombak laut yang besar.

Bollard Dermaga ini dipasang tepi dermaga. Disesuaikan serta tergantung oleh luas dan panjang suatu dermaga bollard Dermaga bisa jadi hanya satu, bisa juga banyak.

Kapal Laut mendekati pelabuhan atau berlabuh di dermaga, talinya diturunkan dan diikatkan di bollard (proses Mooring) supaya kapalnya tetap terjaga dan tidak terbawa arus di dermaga selama kegiatan bongkar muat serta kegiatan lain seperti maintenance sebuah kapal atau sekedar untuk pengisian bahan bakar kapal .

Bollard Dermaga sendiri diambil dari Boulard, nama dari Norman French yang saat ini masih sangat sering ditemui di wilayah Normandy sana ya temen-temen .

Ketika sebuah kapal besar sudah bergerak mendekati suatu dermaga, gambarannya kurang lebih seperti yang terlihat di bawah.



Kapal dengan 8 buah tali, otomatis jumlah Bollard Dermaganya juga 8 buah

Bentuk bollard dermaga sudah sangat canggih untukn saat ini yang dapat membuat kapal merapat (mooring)dalam waktu singkat serta melepaskan kapal dari dermaga dalam waktu yang sama singkatnya adalah yang tidak menggunakan tali pengikat seperti gambar di atas.

Bollard di jaman sekarang ini biasa dipakai untuk dermaga kapal besar pengangkut peti kemas atau barang curah, memakai vacum pad untuk ‘memegang’ kapal supaya tetap merapat di dermaga dan pelabuhan.

Marine Bollard terbuat dari bahan berkualitas yaitu baja tuang / ferro casting dilengkapi dengan anchor bolt galvanis/stainless,aplikasi Bollard sendiri ada pada bibir dermagaBeberapa dari kita pasti ada yang belum pernah ke pelabuhan atau bahkan naik kapal

Masing-masing dari bollard kapal memiliki bentuk yang berbeda-beda serta kapasitas yang berbeda pula . Setiap design atau model bollard dermaga pun memiliki nama yang berbeda-beda pula. Kapasitas serta spesifikasi beban bollard kapal bervariasi antara lain mulai 10-200 ton. 

Berikut beberapa model bollard yang umum dipakai di dermaga dan pelabuhan indonesia :

Bitt Marine bollard atau umum di sebut dengan straight bollard karena bentuknya yang statis dengan pembatas diatasnya yang berbentuk lingkaran. Bitt Marine bollard ini di produksi menggunakan bahan besi cor (cast iron) dengan kualitas terbaik. Kapasitas bitt bollard ini antara 10-200 ton.



Tee Marine bollard jenis yang ini juga dinamakan bollard jamur (mushroom) karena memiliki design yang mirip seperti jamur. Tee bollard juga berbahan dasar sama seperti bitt yaitu cor logam (besi cor). Untuk kapasitas beban dari Tee marine Bollard sama  mulai 10ton sampai 100 ton.



Curve Marine Bollard Jenis bollard yang satu ini juga dinamakan Harbour Bollard. Banyak orang mengatakan bentuk bollard Dermaga ini mirip seperti cocor bebek (paruh bebek). Serpti dengan Marine Tee Bollard dermaga sebelumnya untuk Curve Marine Bollard diproduksi juga menggunakan bahan besi cor (cast iron) dengan kualitas terbaik untuk kapasitas beban yang kami produksi mulai 10ton sampai 150 ton.



Itulah beberapa jenis dari bollard Dermaga | Bollard Pelabuhan | Bolder Dermaga | Bollard kapal yang sering ada di pelabuhan dan dermaga indonesia . Kami MPM PERKASA memproduksi produk unggulan Marine bollard jenis tersebut dengan bahan berkualitas tinggi serta harga bersaing. Selain bollard Dermaga kapal jenis tersebut, MPM PERASA juga memproduksi bollard kapal jenis lain yang sesuai dengan kebutuhan para kontraktor.

Selain Produk Bollard kami juga memproduksi produk karet dari rubber fender, bantalan jembatan / elastomeric bearing pad, karet lembaran, karet bumper, pelindung loading dock hingga expantion joint / siar muai.

Semua produk yang kami produksi memiliki reputasi baik yang terbukti luas dalam menghasilkan produk unggulan dengan material karet berkualitas serta layak uji dengan harga murah serta bersaing di pasar.

Mahameru Putra Mandiri Perkasa selalu dan akan berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen sesuai dengan motto kami .

Account Bank dari Mahameru Putra Mandiri Perkasa menggunakan nama Rekening Perusahaan tidak memakai atas nama pribadi. Sehingga sangat menjamin setiap transaksi dengan konsumen.kami melayani pengiriman keseluruh wilayah Indonesia

Informasi serta permintaan penawaran dan daftar harga Bollard yang bisa anda dapatkan dengan menghubungi nomor whatsapp atau email kami di :

Call : 087722285552

WA : 082245923265

Fajar achmadi






Blog Post

Related Post

Cari Artikel