macam macam warna helm proyek dan pengertiannya



Penjelasan helm 


Helm adalah alat yang dipergunakan untuk melindungi kepala. Biasanya digunakan oleh mereka yang bekerja dalam lingkungan dengan resiko kecelakaan fatal di kepala. Helm proyek biasanya digunakan oleh pra pekerja bangunan, sedangkan pembalap, militer, polisi, pengendara motor, juga menggunakan helm sesuai dengan kebutuhannya.

Dikenal juga dengan nama safety helmet. Jenis helm ini merupakan helm yang digunakan untuk melindungi kepala siapa saja yang berada di lokasi proyek pembangunan. Biasnya helm ini terbuat dari plastik dengan warna-warna sesuai dengan posisi dan jabatan dari pemakainya.

Fungsi helm proyek

Helm ini dirancang untuk tahan terhadap benturan benda-benda berbahaya, tahan air, tahan terhadap api, tahan terhadap tekanan, goncangan, dan snegatan listrik. Apabila menggunakan helm ini akan dapat mengurangi resiko fatal akibat kecelakaan kerja

Ketika melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan, faktor keamanan pasti menjadi hal utama yang wajib ditaati daan dilaksanakan, Baik itu kegiatan yang langsung berhubungan dengan manusia, alam maupun hal yang lainnya. Salah satu contohnya seperti yang dilakukan oleh para pekerja di kawasan konstruksi; demi menjaga keselamatan selama bekerja,mereka harus menggunakan alat-alat pelindung keamanan. Helm proyek salah satunya.

Kepala adalah bagian yang sangat vital bagi manusia. Di kepala terdaat berbagai macam organ yang sangat penting seperti otak, saraf pusat, mata, dan lain-lain. Cedera pada kepala bisa mengakibatkan banyak kemalangan, sepeti luka, pendarahan, gegar otak, gangguan ingatan, bahkan kematian.

warna dan keterangan hel proyek


Helm proyek ini dibedakan menjadi beberapa jenis menurut warnanya berdasarkan jabatan seseorang.

Helm Proyek Warna Kuning Terang

Warna kuning pada helm proyek ini digunakan oleh para pekerja umum di lapangan atau sub-kontraktor. Biasanya para pekerja yang menggunakan helm berwarna kuning ini juga wajib mengenakan rompi berwarna kuning terang saat melakukan tugasnya di lapangan.

 Helm Proyek Warna Biru


Lain helm proyek warna kuning, lain pula dengan yang berwarna biru. Helm proyek berwarna biru biasanya digunakan oleh pekerja lapangan yang punya jabatan sebagai supervisor lapangan, operator teknis, atau pengawas sementara di sebuah kawasan proyek. Operator teknis di sini misalnya adalah teknisi kelistrikan sampai tenaga ahli di bangunan kayu.

Helm Proyek Warna Hijau

Sesuai dengan warnanya, helm proyek berwarna hijau ini adalah alat pengaman yang digunakan oleh seseorang yang tugasnya berhubungan dengan lingkungan. Di kawasan proyek, mereka adalah pengawas lingkungan atau peneliti lingkungan terhadap sesuatu yang tengah dibangun. Jadi orang-orang yang mengenakan helm proyek warna hijau ini biasanya yang paling tahu tentang keadaan lingkungan proyek, pun di sekitarnya.

Helm Proyek Warna Putih

Helm proyek berwarna putih ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang memiliki jabatan tinggi di kawasan kontruksi. Misalnya untuk jabatan insinyur, manajer, pengawas atau bahkan mandor para pekerja. Mereka yang mengenakan helm putih ini juga biasanya punya tanggungjawab dan pengetahuan yang lebih besar. Jadi jangan ragu-ragu untuk bertanya pada mereka yang mengenakan helm warna putih ini ketika belum paham hal-hal detail soal proses pembangunan.

Helm Warna Jingga


Helm proyek berwarna jingga biasanya digunakan oleh orang-orang di luar pekerja konstruksi yang ingin masuk dan meninjau kawasan tersebut.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi para pembaca,oh iya kami CV.Mahameru Putra Mandiri Perkasa(MPM Rubber) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri karet. Kami memproduksi jenis produk karet yang beragam dengan kualitas material serta harga yang kompetitif. Produk yang kami tawarkan mulai dari rubber fender, bantalan jembatan / elastomeric bearing pad, karet lembaran, karet bumper, pelindung loading dock hingga expantion joint/siar muai. Semua produk kami memiliki reputasi yang terbukti luas dalam menghasilkan produk dengan material karet berkualitas.

Kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.
Informasi dan permintaan penawaran harga hubungi

Blog Post

Related Post

Cari Artikel