Box Girder Balanced Cantilever

Box Girder Balanced Cantilever  


Kamu penasaran gak gimana cara kontraktor menyambung jembatan atau jalan layang ? Nah salah satu metodenya adalah dengan menggunakan box girder balanced cantilever.

Box girder balanced cantilever adalah sistem struktur yang memungkinkan penyambungan jembatan atau jalan layang dilakukan dari atas sehingga tidak menggangu aktivitas lalu lintas dibawahnya.

Proyek aksesibilitas bandara international soekarno-hatta menggunakan metode ini agar lalulintas dijalan utama dari dan menuju bandara soetta tidak terganggu oleh aktivitas pekerjaan konstrusksi.

Spesifikasi jembatan utama memiliki konfigurasi bentang 40meter (sidespan) - 70meter (midspan) 40 meter (sidespan) yang menyebrangi jalan akses utama bandara soetta ini ,dibangun dengan dua sistem progresif cantilever secara bersamaan,sehingga simultan antara waktu konstruksi dengan kontrol geometri dan mutunya dapat di kendalikan sepenuhnya.

Nah box girder balanced cantilever ini membuat struktur dapat berdiri sendiri ,mendukung beratnya tanpa bantuan sokongan lain ( perancah/formwork).pengerjaanya dikerjakan pada masing-masing sisi secara segmental dan bertemu di tengah bentang.

Proses konstruksi jembatan di mulai dari pondasi,pile cap dan pier untuk tiap cantilever. pengerjaanya akan dibagi menjadi dua area,yaitu bentang tepi (sidespan) dan bentang tengah (midspan).

Pada proyek ini ,struktur utama form traveler yang di gunakan meliputi tiga rangkaian A frame mengingat lebar jembatan yang begitu besar yaitu 21,5 meter. Strukturnya yang ringan membuatnya lebih mudah dalam proses mobilisasi,selain itu form traveler ini dapat pula di manfaatkan sebagai akses pada proses finishing dan install pipa drainase pada jembatan.

Elastomeric Bearing Pad


Untuk produk kali ini yang MPMPerkasa buat adalah Elastomeric Bearing Pads atau Karet Bantalan Jembatan adalah salah satu jenis dari bantalan penahan beban Jembatan. 

 



Karet Elastomer adalah Bantalan Jembatan yang  merupakan komponen penyangga utama Girder dengan beton penyangga bagian bawah. Dalam pembangunan konstruksi jembatan yang berfungsi untuk menahan tekanan atau load beban pada jembatan. Sehingga tekanan yang diterima oleh jembatan dapat diminalisir dengan adanya Karet Bantalan Jembatan ketika ada beban melewati jembatan tersebut seperti kendaraan dan lain-lain. Untuk menjaga kualitas dan kekuatan Karet Elastomer Jembatan , kami juga memproduksi dengan mempertahankan kualitas bahan baku dengan proses produksi.

Fungsi karet bantalan jembatan/elastomeric bearing pads


Fungsi elastomer bearing pad sebagai media penyalur beban antara bangunan atas dengan bangunan bawah jembatan. Berdasarkan fungsinya tersebut, maka kualitas dari bantalan karet yang akan digunakan dalam struktur jembatan harus sesuai dengan persyaratan yang ditentukan sehingga perlu dilakukan pengujian-pengujian di laboratorium untuk menguji kualitas dari bantalan karet tersebut.

Karet Elastomer Bantalan Jembatan dipakai diproyek pembangunan Jembatan , Jalan Tol ,dan Konstruksi lainnya. Dalam applikasinya Karet Elastomer Jembatan tersebut diletakkan di bagian bawah beton girder dan dipasang didudukan yang sudah dipersiapkan. Karet Elastomer Jembatan sudah banyak digunakan diberbagai proyek di seluruh Indonesia.

Kami CV.Mahameru Putra Mandiri Perkasa (MPM Perkasa) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri karet konstruksi serta aksesoris pelabuhan. Kami memproduksi segala jenis produk karet yang beragam dengan kualitas material serta harga yang kompetitif.

Produk yang kami tawarkan mulai dari rubber fender, bantalan jembatan / elastomeric bearing pad, karet lembaran, karet bumper, pelindung loading dock hingga expantion joint/siar muai.
Semua produk kami memiliki reputasi baik yang terbukti luas dalam menghasilkan produk dengan material karet berkualitas serta layak uji.
Kami CV. Mahameru Putra Mandiri Perkasa selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.
Account atas nama Rekening Perusahaan (bukan atas nama pribadi). Sehingga menjamin setiap transaksi dengan konsumen.

Informasi dan permintaan penawaran harga terbaik hubungi kami :

Blog Post

Related Post

Cari Artikel