elastomeric bearing pad jenis ukuran dan fungsinya

 

pengertian elastomeric bearing pad

elastomeric bearing pad adalah karet untuk menampung atau menerima beban dari pergerakan yang disebabkan oleh deformasi geser dan juga deformasi rotasi pada struktur jembatan umumnya disebut karet bantalan jembatan.

 

pengertian elastomeric bearing pad  jenis,ukuran dan fungsinya

fungsi elastomeric bearing pad

Elastomeric bearing pad berfungsi sebagai bantalan penahan struktur jembatan. Bantalan ini diperlukan untuk menyalurkan reaksi girder (balok penopang jembatan) tanpa memberi tekanan berlebihan pada struktur sehingga jembatan dapat berfungsi sebagaimana mestinya, Berdasarkan fungsinya tersebut, maka kualitas dari bantalan karet yang akan digunakan dalam struktur jembatan harus sesuai dengan persyaratan yang ditentukan sehingga perlu dilakukan pengujian-pengujian di laboratorium untuk menguji kualitas dari bantalan karet tersebut.

Elastomeric Bearing Pads / karet bantalan jembatan ini memberikan solusi penghematan anggaran yang cukup besar karena selain kemampuannya untuk mengatasi masalah pada gerakan struktur, longitudinal, transversal, rotasi kecil, serta mengisolasi getaran, produk karet bantalan ini juga sangat mudah dipasang serta relatif tidak memerlukan perawatan selama masa kerjanya.

Pengujian pada elastomeric bearing pads

Salah satu cara pengujian yang dilakukan adalah pengujian kekakuan tekan dan kekakuan geser. kekakuan tekan dan kekakuan geser bantalan karet jembatan untuk digunakan pada suatu struktur jembatan. Cara kerja pengujian serta perhitungan kelenturan atau elastisitas elastomeric bearing pad dan kekakuan tekan serta kekakuan geser bantalan karet atau elastomeric bearingpad tersebut . Proses dan sistem produksi atau pengolahan sangat berpengaruh terhadap kualitas karet elastomer jembatan tersebut.

jenis elastomeric bearing pad

·         Bantalan jembatan elastomeric bearing pad tipe polos


(Plain Elastomeric Bearing Pads) adalah jembatan yang didalamnya tanpa ada lembaran plat bajanya. Tipe bantalan jembatan jembatan seperti ini biasa digunakan untuk jembatan-jembatan kecil dengan beban rendah.

pengertian elastomeric bearing pad  jenis,ukuran dan fungsinya

·         Bantalan jembatan elastomeric bearing pad tipe baja berlapis / Laminated bearing pad


(Steel Reinforce Elastomeric Bearing Pad) adalah bantalan jembatan yang di dalamnya, dapat mencegah bulging (menggelumbung yang dapat menyebabkan bantalan jembatan menjadi rusak (deformasi). Jadi tipe elastomer seperti ini sangat baik dalam hal menahan beban tinggi dan mencegah terjadinya pergeseran yang berlebihan.

pengertian elastomeric bearing pad  jenis,ukuran dan fungsinya

ukuran elastomeric bearing pad

·         Elastomeric Bearing Pad standard indonesia adalah bantalan jembatan yang mempunyai ukuran standar sebagai berikut:

a. Elastomeric bearing pad jenis 1 ukurannya : 350 x 300 x 66 mm (p x l x t)

b. Elastomeric bearind pad jenis 2 ukurannya : 400 x 350 x 39 mm (p x l x t)

c. Elastomeric bearing pad jenis 3 ukurannya : 450 x 400 x 45 mm (p x l x t)

 

·         Elastomeric Bearing Pad non standard PU adalah Elastomeric Bearing Pad yang diproduksi diluar standard PU biasanya jembatan yang mempunyai beban atau loadlebih besar. Jadi untuk dimensi ukuran dapat dipesan custom atau sesuai kebutuhan.

pemasangan elastomer bearing pads

a. perletakan elastomeric bearing pad dipasang diantara tumpuan kepala jembatan dan gelagar jembatan.

pengertian elastomeric bearing pad  jenis,ukuran dan fungsinya

b. Untuk melekatkan perletakan elastomer dengan beton atau besi dapat dipergunakan lem khusus yaitu lem epoxy rubber.

kenapa harus menggunakan elastomeric bearing pad

Sebuah konstruksi jembatan, dermaga atau jenis bangunan lainnya yang fungsinya mirip, memiliki potensi kerusakan yang besar yang disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut : 

·         gerakan atau getaran yang disebabkan oleh lalu-lalangnya kendaraan yang melewatinya

·         adanya pemuaian yang disebabkan oleh sinar matahari

·         proses pemuatan kendaraan ke dalam kapal yang melewati dermaga,

·         gempa bumi atau bencana alam

·         serta beberapa kondisi lainnya yang mungkin akan terjadi sehingga menimbulkan suatu keruskan pada sebuah kontruksi bangunan

Kami CV. Mahameru Putra Mandiri Perkasa merupakan perusahaan manufaktur rubber yang memproduksi salah satu produk unggulan kami yaitu karet bantalan jembatan (Elastomeric Bearing Pad). Kami memproduksi karet bantalan jembatan ini menggunakan material kompon karet alam maupun neoprene untuk daya tahan elastomer yang lebih baik, dengan proses produksi menggunakan mesin Press Hidraulic sehingga bisa memproduksi karet bantalan jembatan yang kuat dan solid. Selain karet bantalan jembatan, perusahaan kami juga memproduksi karet kontruksi yang lain, salah satunya Rubber Strip atau biasa disebut Rubber Sheet dengan berbagai aplikasi untuk kontruksi maupun industri,rubber fender,rubber bumper loading dock,serta bollard kapal.

Untuk pemesanan Elastomer Bearing Pad, anda dapat menginformasikan tipe / jenis, ukuran, dan jumlah yang dibutuhkan kepada kami. Kami akan siap memberikan penawaran harga terbaik dan bersaing untuk anda. 

pengertian elastomeric bearing pad  jenis,ukuran dan fungsinya

Blog Post

Related Post

Mohon maaf, belum ada postingan.

Cari Artikel