Elastomer Bearing Pad

 

karet bantalan jembatan

Apa Itu Elastomer Bearing Jembatan ? 

Elastomer jembatan adalah bantalan atau dudukan jembatan terbuat dari material karet dengan lapisan plat baja yang  merupakan komponen penyangga utama girder dengan beton penyangga bagian bawah. Dalam pembangunan konstruksi jembatan yang berfungsi untuk menahan tekanan atau load beban pada jembatan. Sehingga tekanan yang diterima oleh jembatan dapat diminalisir dengan adanya Karet Bantalan Jembatan ketika ada beban melewati jembatan tersebut seperti kendaraan dan lain-lain. Untuk menjaga kualitas dan kekuatan karet elastomer Jembatan , kami juga memproduksi dengan mempertahankan kualitas bahan baku dengan proses produksi.

Karet elastomer bantalan jembatan menggunakan mesin Hydraulic Press dengan tekanan tinggi dengan system vulkasinasi otomatis yang sesuai standart. Sehingga kualitas karet bantalan jembatan tersebut sangat terjamin dipakai diberbagai proyek. Elastomeric bearing pad atau karet bantalan jembatan ada dua tipe serta ukuran yang bervarias.

Yang pertama adalah type elastomer jembatan jenis polos dimana didalam karet elastomer bantalan Jembatan tersebut diproduksi tanpa lapisan plat baja didalamnya.

Tipe karet elastomer bantalan jembatan yang kedua adalah tipe laminasi plat di dalamnya artinya karet elastomer jembatan tersebut diproduksi dengan lapisan plat baja didalamnya.

Untuk ketebalan karet elastomer jembatan sangat bervariasai disesuaikan dengan ketutuhan dilapangan. Adapun ukuran ketebalan plat baja yang dipakai didalamnya sangat bervariasi mulai dari ketebalan 3 milimeter sampai 1,2 milimeter dengan jumlah lapisan minimal 3 lembar plat didalamnya. Karet Elastomer bantalan Jembatan atau Karet Jembatan ada bebarapa macam ukuran,

Ukuran standar yang banyak di pakai diproyek ada 3 jenis yaitu :

bantalan karet jembatan


Jenis 1 ukuran 350 x 300 x 36mm,

Jenis 2  ukuran 400 x 350 x 39mm

Jenis 3 ukuran 450 x 400 x 45mm.

Untuk menentukan ukuran karet bantalan jembatan tersebut harus mengetahui ukuran girder yang akan digunakan pada pembangunan Jembatan yang akan ditangani. Dan ukuran yang custom atau sesuai dengan permintaan kontraktor sangatlah bervariasi, dari itu kami memproduksi sesuai dengan kebutuhan dan permintaan dari kontraktor.

Untuk ketebalan di atas 4 cm Karet Jembatan Elastomer Umumnya menggunakan laminasi plat di dalamnya

KARET JEMBATAN ELASTOMER 

karet bantalan jembatan

Karet Elastomer Bantalan Jembatan dipakai diproyek pembangunan Jembatan , Jalan Tol ,dan Konstruksi lainnya. Dalam applikasinya Karet Elastomer Jembatan tersebut diletakkan di bagian bawah beton girder dan dipasang didudukan yang sudah dipersiapkan. Karet Elastomer Jembatan sudah banyak digunakan diberbagai proyek di seluruh Indonesia. Dengan berkembangnya pembangunan diberbagai wilayah di Indonesia, atas permintaan dari kontraktor & konstultan dari seluruh Indonesia kami khusus memproduksi berbagai macam karet untuk kebutuhan Konstruksi diantaranya Elastomeric Bearing Pad atau Karet Bantalan Jembatan , Rubber Fender Dermaga , Rubber Dock Fender , Rubber Dock Bumper dan berbagai macam produk yang dibutuhkan diproyek yang ditangani oleh kontraktor.

Selama beberapa dekade, para insinyur telah menggunakan karet konstruksi anti gempa pada struktur bangunan. Sejak tahun 1950, telah dibangun jembatan jalan raya untuk mengatasi permasalahan ekspansi termal, dan meredam getaran dari kereta api dan jalan raya pada bangunan. Sebelum tahun 1980, komposisi senyawa tersebut digunakan untuk meredam getaran bangunan dari gempa bumi. Dengan cara memasang karet bantalan, hal itu merupakan kesuksesan terbesar, dan jika digunakan lebih luas, mereka memiliki potensi untuk menyelamatkan jutaan nyawa dan mencegah jutaan Dollar karena kerusakan.

Meskipun demikian, masih banyak kurangnya perlindungan dari teknik  yang tepat. Di negara-negara yang sedan berkembang, masalahnya sangat akut. Sebuah investigasi telah dilakukan oleh tim dari Los Angeles Times dan menemukan lebih dari 1.000 bangunan beton tua di kota yang bisa runtuh sewaktu-waktu jika terjadi gempa bumi. Ada banyak cara untuk membuat bangunan menjadi tahan terhadap gempa bumi. Pada struktur kayu, strapping tambahan dapat dipaku ke bagian utama dari kerangka. Beton baja yang diperkuat adalah pilihan alternatif. Dengan kekuatan dan kelemahan masing-masing, mereka saling melengkapi, meskipun tidak cukup kuat untuk mencegah kerusakan dari gempa yang besar. Beberapa bangunan menggunakan peredam yang mirip dengan penyerap getaran pada mobil. Yang paling efektif adalah mengisolasi pada dasar, di mana bangunan dipisahkan dari tanah menggunakan peredam atau bantalan.

Untuk mengisolasi dasar bangunan, para insinyur beralih ke berbagai bantalan dan peredam yang berbeda. Bantalan karet dapat digunakan untuk memisahkan bangunan dari gerakan horisontal gempa bumi. Sistem ini tidak menyerap energi gempa, melainkan pengalihan energi melalui sistem dinamika sehingga tidak ditransmisikan ke seluruh struktur bangunan.

Yang membuat bantalan karet Elastomer begitu efektif adalah mereka terbentuk dari lembaran tipis karet alami yang terikat dengan plat baja. Menjadikan kaku ke arah vertikal ketika fleksibel ke arah horisontal. Dengan kata lain, mereka cukup kuat untuk menyangga bangunan, tetapi cukup lentur untuk meredam energi gempa bumi. Ide memperkuat blok karet dengan plat baja tipis diciptakan oleh Eugene Freyssinet. Dia berkata bahwa kapasitas vertikal lembaran karet berbanding terbalik dengan ketebalan. Sepotong tipis karet bisa menjadi kaku ke satu arah tetapi fleksibel ke arah lain.

Jenis Karet Elastomer pada Jembatan

Elastomeric Bearing Pads ( Karet Bearing Pad Jembatan ) Diperkenalkan sekitar 60 tahun yang lalu, Karet Bantalan Jembatan Jenis Laminated Baja / Elastomer Bearing Pads sudah banyak digunakan diberbagai proyek pembangunan Jembatan dan struktur serupa di seluruh dunia. Elastomeric Bearing Pads atau Karet Elastomer Jembatan sudah banyak digunakan diberbagai proyek di Indonesia, baik proyek swasta ataupun proyek pemerintah. Karet Bantalan Jembatan mendukung beban vertikal dengan kompresi minimal, memungkinkan ekspansi dan kontraksi dari struktur dengan resistensi minimal dan memberikan rotasi normal balok jembatan.

Karena banyaknya kontraktor diseluruh Indonesia yang membutuhkan Karet Elastomer Jembatan dari berbagai daerah di Indonesia, dimana Elastomer Bearing pads ( Karet Bantalan Jembatan ) Tersebut dipakai untuk kebutuhan proyek Jembatan yang mereka tangani. Adapun type dan Jenis Karet Elastomer Jembatan yang kami produksi terdiri dari 2 jenis yaitu Jenis Polos (Plain) dan Jenis Laminasi (Laminated) Plat didalamnya.

Oleh karena itu Karet Elastomer Bearing pads Jembatan didesain khusus sehingga tidak sulit dalam pemasangan atau instalasi ke dalam struktur Jembatan. Selain itu, Karet Bantalan Jembatan dengan mudah dipasang dan bebas perawatan dan dapat menekan budget estimasi pada pembangunan Jembatan. Dan fungsi utama Karet Tatakan Jembatan tersebut adalah meneruskan beban dari stuktur atas ke struktur bagian bawah pada Jembatan yang juga berfungsi sebagai penahan benturan yang dapat membuat beton bagian atas ataupun bagian bawah pecah ataupun retak.  Sehingga secara langsung dapat menopang beban horizontal pada konstruksi Jembatan.

Pemakaian bahan baku pada Karet Elastomer Bearing Pads Jembatan yang kami produksi menggunakan bahan dengan kualitas tinggi sehingga kualitas dari Elastomeric Bearing Pads yang kami produksi sangat terjamin sehingga dapat meminimalisir kerusakan pada jembatan. Selain itu, proses produksi dilakukan dengan system Hydraulic Hot Press dimana Karet Bantalan Jembatan diproduksi dengan Vulkasnisasi tekanan tinggi sehingga kekuatan Karet Bearing Pads tersebut sangat terjamin dipakai diproyek Konstruksi Jembatan.

Fungsi lain dari Karet Bearing Pads Jembatan tersebut adalah mengurangi resiko keretakan pada konstruksi Jembatan pada waktu ada gempa atau pergeseran struktur Jembatan. Karena Kami sebagai Penjual Karet Elastomer Jembatan yang sudah melayani berbagai macam Karet Bearing Pads dari berbagai Kontraktor dan berusaha memberikan produk terbaik untuk Kebutuhan  Konstruksi anda.

Harga Elastomeric Bearing Pad Jembatan

Harga karet bantalan jembatan relatif murah untuk detail haraga anda bisa menghubungi kami,kamiakan memberikan surat penawaran harga sesuai kebutuhan karet bantalan jembatan yang anda pesan.

PENYEDIA MATERIAL DAN JASA PEMASANGAN PERGANTIAN ELASTOMERIC BEARING PAD 

Produk yang kami tawarkan mulai dari rubber fender,rubber fender v, rubber fender d, rubber fender m, rubber fender cell, rubber fender cone, rubber fender cylinder, rubber fender square, bantalan jembatan / elastomeric bearing pad, rubber sheet, karet bumper, pelindung loading dock, asphaltic plug binder, deck drain cast iron jembatan, frontal frame fender, bollard dermaga, bitt bollard dermaga, curve bollard dermaga, tee bollard dermaga, expantion joint(karet dilatasi) hingga anchor bolt galvanis, semua produk kami memiliki reputasi yang terbukti luas dalam menghasilkan produk dengan material berkualitas

Kami Mahameru Putra Mandiri Perkasa (MPM Perkasa) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang ndustri karet konstruksi serta aksesoris pelabuhan. Kami memproduksi segala jenis produk karet yang beragam dengan kualitas material serta harga yang kompetitif.

Produk yang kami tawarkan mulai darirubber fenderrubber fender vrubber fender drubber fender mrubber fender cellrubber fender conerubber fender cylinderrubber fender squarebantalan jembatan / elastomeric bearing padrubber sheetkaret bumper, pelindung loading dockasphaltic plug binderdeck drain cast iron jembatanfrontal frame fenderbollard dermaga, bitt bollard dermagacurve bollard dermagatee bollard dermagaexpantion joint(karet dilatasi) hingga anchor bolt galvanis.

Semua produk kami memiliki reputasi baik yang terbukti luas dalam menghasilkan produk dengan material karet berkualitas serta layak uji.

Kami juga menyediakan jasa pergantian elastomeric bearing pad atau karet bantalan jembatan, rubber fender serta expantion joint/siar muai.

Mahameru Putra Mandiri Perkasa selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.

Account Rekening atas nama Perusahaan (bukan atas nama pribadi). Sehingga menjamin keamanan setiap transaksi dengan konsumen.

Informasi dan permintaan penawaran harga terbaik hubungi kami :

Call & WA : 082245923265 - 087722285552

-Fajar Achmadi-

 

kontak mpmperkasa


Blog Post

Related Post

Cari Artikel